3 Mahasiswi Geografi Raih Hibah PKM

Program Kreaticitas Mahasiswa

Implementasi bidang penalaran bagi mahasiswa dapat diwujudkan lewat penyusunan proposal penelitian. Hal ini yang kemudian ditangkap oleh 3 mahasiswi yang mencoba menelaah tingkat bahaya erosi di Kecamatan Patikraja. Lewat proposal penelitian yang diajukan ke DIKTI pada program PKM tahun 2016, Netty, Bunga, dan Rini menjadi satu dari 19 tim dari UMP yang berhasil didanai DIKTI.

Penelitian ini didasarkan oleh hasil pengamatan ketiganya di wilayah Patikraja yang merupakan daerah dengan tingkat kelerengan yang tinggi dan adanya indikasi terjadinya erosi yang berlebih akibat perubahan fungsi lahan khususnya permukiman di beberapa lokasi. Kondisi inilah yang menurut tim perlu dilakukan analisis TBE dengan memanfaatkan teknologi Sistem Informasi Geografi.

Hal yang menarik mengingat ketiganya merupakan mahasiswa satu angkatan yang biasa mengerjakan tugas kelompok bersama-sama. Menurut penuturan ketua tim, "Ini menjadi pengalaman pertama yang cukup mendebarkan, namun kami akan berusaha menunjukkan yang terbaik". Saat ini tim ini sedang melakukan survei GPS di lokasi penelitian dan segera melakukan pengolahan data spasial menggunakan Sistem Informasi Geografi.

Pembimbingan oleh dosen dan Kepala Program Studi dilakukan secara intensif agar tim dapat melakukan penelitian secara terstruktur. Catatan ini menjadi sinyal positif bagi pengembangan lingkungan ilmiah mahasiswa di Pendidikan Geografi yang dapat mengukir prestasi hingga di tingkat nasional. (awn)

 

 

Prodi Pendidikan Geografi Loloskan Progam Unggulan Program Studi

Dalam upaya peningkatan mutu Program Studi yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Pendidikan Geografi yang menjadi salahsatu program studi tertua di FKIP UMP menunjukkan eksistensinya dengan mengajukan program unggulan berupa pembentukan Pusat Studi Geospasial yang merupakan bagian dari renstra dan renop prodi.

Tanda tangan kontrak PUPSProdi Pendidikan Geografi merupakan satu dari 32 prodi yang mendapatkan dana pengembangan yang dikucurkan oleh universitas lewat WR IV. Pengembangan program studi yang rencananya akan dilaksanakan selama 4 tahun ini akan melalui beberapa tahapan mulai dari penyusunan rencana, tahap penguatan organisasi hingga pada implementasi dan pemasarannya kedepan.

Kegiatan penandatanganan kontrak yang dilakukan oleh Kaprodi Pendidikan Geografi Sakinah FS, M.Sc dilanjutkan langsung dengan rapat koordinasi tim penyusunan program unggulan program studi. Menurut kaprodi, "Program Unggulan Program Studi ini merupakan langkah awal internasionalisasi prodi lewat pengembangan riset di bidang geospasial pendidikan dan kebencanaan". Pusat Studi Geospasial merupakan embrio dari penyatuan riset multi disiplin yang melibatkan berbagai ahli baik nasional maupun internasional, dan menjadi motor penggerak pengembangan riset geografi di wilayah Banyumas dan sekitarnya. (awn)

 

UMP Bentuk Forum Penanggulangan Bencana Peduli Kemanusiaan

Kepedulian akan resiko bencana di Indonesia yang kerap terjadi, maka Humanitarian Forum Indonesia (HFI)  memperluas jaringan lembaga kemanusiaannya salah satunya yang baru dilakukan yaitu dengan mengajak Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Dalam kesempatan ini HFI akan melakukan kerjasama dengan Penguatan Kapasitas forum mahasiswa melalui Program Kreativitas mahasiswa (PKM)  di Indonesia. (20/10)

Read more: UMP Bentuk Forum Penanggulangan Bencana Peduli Kemanusiaan

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Geografi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239