Seminar Nasional Pendidikan Geografi “Potensi Geografi untuk Penguatan Integrasi Bangsa”

semnas1

Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP kali ini mengangkat tema “Potensi Geografi untuk Penguatan Integrasi Bangsa”

Kegiatan seminar ini akan dilaksanakan pada:

Waktu        : Sabtu, 11 Agustus 2018

Jam            : Pukul 08.00 – 15.30 WIB

Tempat      : Ak. Anshori Gedung Pusat Lantai 3 Universitas Muhammadiyah Purwokerto

                           Jalan Raya Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas

Pembicara yang diundang pada acara ini adalah pengambil kebijakan, akademisi dan praktisi yang terkait dengan penerapan teknologi dan pengembangan geografi di tingkat nasional ataupun internasional. Berikut ini adalah daftar pembicara dalam kegiatan seminar nasional.

  1. Prof. Dr. Ing. Fahmi Amhar (Peneliti di Badan Informasi Geospasial) Sub tema: Kesatuan One Map, One Policy dalam Penguatan Integrasi Bangsa.
  2. Prof. Dr. M. Baiquni, M.A. (Ketua Umum Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Ilmu Geografi dan Pendidikan Geografi Se-Indonesia) Sub tema: Potensi Geografi dalam Penguatan Integrasi Bangsa

Panitia membuka kesempatan bagi peserta untuk terlibat menjadi pemakalah yang akan mempresentasikan ide, gagasan ataupun hasil penelitiannya dengan sub tema:

  1. Strategi Penguatan Integrasi Bangsa oleh Geograf
  2. Teknologi Geospasial dalam Penguatan Integrasi Bangsa
  3. Pemberdayaan Masyarakat oleh Geograf untuk Kemaslahatan Bangsa

Panduan Penulisan paper download

brosur download

Pendidikan Geografi Menyelenggarakan Kuliah Tamu Internasional

kul tamu1Untuk Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar Kuliah Tamu Internasional bekerjasama dengan Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik pada hari Senin, 18 Desember bertempat diAula Kedokteran Lantai 4 Gedung Q.

.Kuliah tamu internasional kali ini mendatangkan pembicara dari Negara Malaysia yaitu Dimas Bayu Endrayana Darmowijoyo, Ph.D. dari Department of Civil and Environmental Engineering, Faculty of Engineering Universiti Teknologi PETRONAS Dengan Tema kegiatannya yaitu “Transport Science in Wider Perspective-Geography”.

Read more: Pendidikan Geografi Menyelenggarakan Kuliah Tamu Internasional

Pendidikan Geografi UMP Menjadi Rujukan dari UHAMKA

uhamka1Universitas Muhammaadiyah Purwokerto (UMP) semakin bersinar. Setelah menjadi perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah bagian barat. Kini banyak pula program studi yang sudah terakreditasi A diantaranya adalah Program Studi Pendidikan Geografi.

Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendapat kunjungan dari Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA pada hari Sabtu, 24 Februari 2018. Kunjungan Pendidikan Geografi UHAMKA tak lain bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dengan sesama unit Pendidikan Geografi di Indonesia. Strategi memperoleh akreditasi A Prodi Pendidikan Geografi UMP akhir tahun 2017 menjadi alasan perwakilan UHAMKA untuk melakukan kunjungan, sehingga diharapkan dengan adanya silaturrahmi ini, pendidikan Geografi UHAMKA dapat mengikuti jejak Prodi Pendidikan Geografi UMP memperoleh Akreditasi A.

Read more: Pendidikan Geografi UMP Menjadi Rujukan dari UHAMKA

Pengembangan Jurnal Geoedukasi Menuju Terakreditasi

jurnalProgram Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada hari Selasa, 19 Desember 2017 melakukan sharing mengenai Dialog Pengembangan Jurnal bertempat di D’Garden & Resto Purwokerto. Kegiatan Dialog Pengembangan Jurnal didasari untuk memperkuat tali silaturrahmi dengan sesama pengelola jurnal nasional dengan tema Geografi. Menambah wawasan, pengetahuan serta ketrampilan bagi Pengelola Jurnal Prodi Pendidikan Geografi FKIP UMP dalam mengembangkan kualitas dan kuantitas Jurnal Geo Edukasi sehingga diharapkan dapat segera terindeks Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan Terakreditasi.

Read more: Pengembangan Jurnal Geoedukasi Menuju Terakreditasi

Pembelajaran Geografi Abad 21

IMG 8820Sebuah debrakan yang terus menerus dilakukan Prodi Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam berkontribusi di kancah nasional, yaitu dengan menggelar Seminar Nasional dengan bertajuk “Pembelajaran Geografi Abad 21”, Sabtu,(19/08).

Read more: Pembelajaran Geografi Abad 21

Pengunjung

034729
Today
This Week
This Month
All days
83
260
2099
34729

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Geografi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239