Tingkatkan kualitas pembelajaran, Dosen Pendidikan Geografi Terbitkan Buku Ajar

Buku merupakan hal yang tak lepas bagi seorang akademisi baik dosen ataupun mahasiswa. Lewat buku seseorang akan dapat mengekspresikan keilmuannya dan dapat membagikan pengalaman lewat tulisan. Hal ini yang dilakukan oleh Anang widhi nirwansyah, M.Sc yang merupakan dosen bidang Sistem Informasi Geografi UMP. Dalam rangka meningkatkan pemahaman materi Sistem Informasi Geografi maka dirinya menerbitkan sebuah buku dengan judul Dasar Sistem Informasi Geografi dan Aplikasinya Menggunakan ArcGIS 9.3.

Read more: Tingkatkan kualitas pembelajaran, Dosen Pendidikan Geografi Terbitkan Buku Ajar

3 Mahasiswi Geografi Raih Hibah PKM

Program Kreaticitas Mahasiswa

Implementasi bidang penalaran bagi mahasiswa dapat diwujudkan lewat penyusunan proposal penelitian. Hal ini yang kemudian ditangkap oleh 3 mahasiswi yang mencoba menelaah tingkat bahaya erosi di Kecamatan Patikraja. Lewat proposal penelitian yang diajukan ke DIKTI pada program PKM tahun 2016, Netty, Bunga, dan Rini menjadi satu dari 19 tim dari UMP yang berhasil didanai DIKTI.

Read more: 3 Mahasiswi Geografi Raih Hibah PKM

Sukses Penyelenggaraan Geografi Membumi oleh HMPS Pendidikan Geografi

Dalam rangka meningkatkan kemampuan keruangan dan pemahaman geospasial bagi siswa SMA sederajat, mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi menyelenggarakan olimpiade kebumian dan olimpiade geografi pada lingkup Jawa Tengah dan DIY dan diikuti oleh lebih dari 100 peserta.

Screen Shot 2017 02 22 at 9.23.58 AM

 

Kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian dari kegiatan Geografi Membumi yang secara rutin diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa dan didukung sepenuhnya oleh program studi pendidikan geografi. Tema kali ini mengangkat masalah Hutan yang merupakan topik penting bagi bangsa Indonesia mengingat deforestasi yang cukup besar yang dialami bangsa ini. Beberapa poin yang disampaikan lewat sambutan ketua panitia Raditya merupakan motivasi bagi generasi muda untuk lebih memperhatikan lingkungan termasuk hutan dan agar lebih lestari dan bermanfaat bagi umat manusia sebagai paru-paru dunia.

 

Kegiatan olimpiade yang berlangsung selama 3 babak pada 6 Oktober 2016 ini berjalan seru dan berakhir dengan kemenangan SMA N 1 Banjarnegara dengan menyisihkan 6 sekolah lain pada babak final. Penyerahan hadiah dilakukan langsung oleh Kaprodi Pendidikan Geografi, Sakinah FS, M.Sc dengan piala dan uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah. Selamat untuk pemenang! (adm)

Prodi Pendidikan Geografi Loloskan Progam Unggulan Program Studi

Dalam upaya peningkatan mutu Program Studi yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Pendidikan Geografi yang menjadi salahsatu program studi tertua di FKIP UMP menunjukkan eksistensinya dengan mengajukan program unggulan berupa pembentukan Pusat Studi Geospasial yang merupakan bagian dari renstra dan renop prodi.

Read more: Prodi Pendidikan Geografi Loloskan Progam Unggulan Program Studi

MA Muhammadiyah Purwokerto Pelajari Penginderaan Jauh di Laboratorium Geografi

Materi penginderaan jauh seringkali menjadi permasalahan bagi guru-guru geografi di sekolah. Ketersediaan alat dan pemahaman konsep mengenai penginderaan jauh yang tidak diperoleh guru di bangku perkuliahan seringkali menjadi sebab mengapa penginderaan jauh menjadi materi pokok yang ditakuti oleh guru, dan mungkin juga dilewatkan begitu saja. Kondisi ini juga dirasakan oleh guru dan siswa kelas X MA Muhammadiyah Purwokerto. Ketiadaan laboratorium geografi di sekolah tentu saja menjadi kendala yang cukup menghambat proses pembelajaran.

Read more: MA Muhammadiyah Purwokerto Pelajari Penginderaan Jauh di Laboratorium Geografi