UMP Bentuk Forum Penanggulangan Bencana Peduli Kemanusiaan

Kepedulian akan resiko bencana di Indonesia yang kerap terjadi, maka Humanitarian Forum Indonesia (HFI)  memperluas jaringan lembaga kemanusiaannya salah satunya yang baru dilakukan yaitu dengan mengajak Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Dalam kesempatan ini HFI akan melakukan kerjasama dengan Penguatan Kapasitas forum mahasiswa melalui Program Kreativitas mahasiswa (PKM)  di Indonesia. (20/10)

Bertempat di ruang sidang  lantai II gedung rektorat UMP, Biro Kemahasiswaan mengadakan pertemuan dengan delegasi dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bersama HFI.  Dalam gelaran acara tersebut yang hadir akan membentuk sebuah Forum Group Discussion (FGD), isinya membahas perihal pembentukan lembaga yang bergerak dikegiatan penanggulangan bencana alam, FGD ini sebagai langkah awal mengumpulkan gagasan dan pijakan ide tentang penanggulangan bencana.

Tujuan pelibatan mahasiswa ini akan mendorong partsipasi mahasiswa dalam penanggulangan  bencana melalui forum dan kegiatan kreativitas berbasis keilmuan yang lebih penting dalam hal ini yaitu akan memperkuat kemitraan mahasiswa, perguruan tinggi, Badan Penanggulangan bencana ditingkat nasional dan daerah (Direktor penelitian dan pengabdian masyarakat) dan praktisi pengurangan resiko bencana.  Diah, yang merupakan anggota di HFI menegaskan, “Bencana adalah urusan kemanusiaan dengan melibatkan semua orang bukan hanya tugas para relawan, Universitas bersama mahasiswa sekarang harus memiiki peran untuk mengurangi pengurangan dari bencana”, tegas Diah. Kaitannya dengan hal tersebut, forum ini akan membektuk suatu  kiprah nyata dan aktif akan diperoleh tidak lain juga sebagai bentuk pengamalan Tri dharma Perguruan Tinggi, imbuh Diah.  

Senada dengan Diah, Surya yang juga pengurus di FHI psat mengatakan, harapan dengan berdirinya lembaga baru ini, akan menjadikan sebuah pusat studi bencana, dan akan yang menjadi pertama kalinya bagi kampus swasta yang baergabung dari 27 perguruan yang sudah terbentuk.  Ia menyampaikan, “Dalam tugas kerjanya nantinya adalah bagaimana cara mengurangi resiko bencana yang bisa disalurkan dari disiplin ilmu yang ditekuni, sebagai cara untuk meminimalisir dampak kerugian dari segi ekonomi, psikologi, dan pendidikan,” tambah Surya.

 Mahasiswa yang tergabung dalam forum akan terlibat pula pada Pembuatan PKM yang mengusung tema kebencanaan, hal demikian merupakan bentuk output dari program pelibatan mahasiswa dalam penanggulangan bencana yang mendapat dukungan pendanaan dari DIKTI. Sebagai  tindak lanjut pembentukan dan upaya peningkatan yang diperoleh, forum ini  mendapat dukungan dari OXFAM dan UNOCHA dalam berjalannya forum yang sudah dibentuk. (Uut)

Pengunjung

022214
Today
This Week
This Month
All days
82
370
1935
22214

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Geografi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239