OLIMPIADE GEOGRAFI MEMBUMI NASIONAL TAHUN 2020

kop design             

           Geografi Membumi adalah program unggulan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Geografi  Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang telah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya. Kegiatan Geografi Membumi kali ini masih dilaksanakan pada tingkat Nasional seperti tahun sebelumnya adapun beberapa rangkaian acara antara lain Olimpiade IPS untuk SMP/Sederajat, Olimpiade Kegeografian dan Kebumian untuk SMA/Sederajat, Esai Online untuk Mahasiswa, serta Seminar Peran Geograf Dalam Menciptakan Generasi Penerus Bangsa Yang Berpendidikan Karakter. 

    Pada era globalisasi, setiap manusia dituntut untuk tanggap dan kritis terhadap perubahan-perubahan yang tidak menentu. Arus globalisasi juga menuntut kita untuk mempunyai nilai tambah dalam segala hal. Baik dalam peningkatan intelektualitas,  kualitas, profesional dan berdaya saing tinggi. Berdasarakan visi reformasi pembangunan Indonesia, untuk mewujudkan manusia Indonesia yang unggul dan berkualitas serta memiliki daya saing tinggi, dunia pendidikan memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Geografi Membumi yaitu untuk "Meningkatkan Pengetahuan Generasi Muda Dalam Memanfaatkan Potensi Geospasial Demi Terwujudnya Pembangunan Indonesia Yang Berkelanjutan."

 

 

Buku Panduan Lomba Esai Nasional Geografi Membumi Tahun 2020 Download

Buku Panduan Olimpiade Geografi Membumi Tahun 2020 Download

Pamflet Olimpiade Geografi Membumi Download

Pamflet Esai Nasional Download

Ketentuan Lengkap Olimpiade Bidang Geografi dan Kebumian (SMA) Tahun 2020 Download

Ketentuan Lengkap Olimpiade Bidang IPS (SMP) tahun 2020 Download 

Formulir Pendaftaran Guru Pendamping Olimpiade Geografi Membumi Tahun 2020 Download

Formulir Pendaftaran Peserta Olimpiade Geografi Membumi Tahun 2020 Download

Tata Tertib Olimpiade Geografi Membumi Tahun 2020 Download

Seminar Nasional Ilmu Sosial, Lingkungan dan Tata Ruang (SemNas ISLT)

semnas2019 headerre

 

A. LATAR BELAKANG

Bencana di Indonesia pada tahun 2018 tercatat terjadi 1.999 kejadian, menjadi tahun paling terparah akibat bencana sejak satu dekade, menelan korban meninggal dan hilang sejumlah 3.548 orang, 13.112 orang luka-luka, 3,06 juta jiwa mengungsi, ribuan rumah dan fasilitas umum rusak (BNPB, 2018). Hal ini tidak terlepas dari kondisi Geografis, Geologis, Geomorfologis serta Klimatologis dari Negara Indonesia, yang mampu menimbulkan berbagai macam aktifitas endogen serta eksogen sehingga dapat mengubah permukaan daratan dengan waktu cepat, sedangkan disatu sisi Negara ini dihuni mencapai 265 juta jiwa menjadi terancam keberadaannya.

Memasuki era revolusi industri 5.0, sudah saatnya menjadikan Manajemen Bencana sebagai bagian hidup masyarakat Indonesia, yang berpusat pada pengembangan manusia dan berbasis teknologi.

Seminar Nasional Ilmu Sosial, Lingkungan dan Tata Ruang merupakan seminar nasional yang bertujuan mempertemukan para intelektual, peneliti, pengkaji, dan pengajar untuk bertukar pengalaman terkait hasil-hasil penelitian dan pemikirannya pada semua aspek berkaitan dengan persoalan bencana yang marak terjadi diberbagai belahan bumi, khususnya di Indonesia. Hasil seminar ini diharapkan mampu menghimpun satu kesatuan hasil inovasi baru dalam manajemen bencana di era revolusi industri 5.0. Inovasi ini sangat diperlukan untuk menyokong berjalannya pembangunan dan kehidupan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan.


Kegiatan seminar ini akan dilaksanakan pada:

Waktu : Sabtu, 10 Agustus 2019 
 Jam : Pukul 07.30 – 15.15 WIB
 Tempat                 
: Ak. Anshori Gedung Pusat Lantai 3 Universitas Muhammadiyah Purwokerto
 Jalan Raya Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupate

 

Read more: Seminar Nasional Ilmu Sosial, Lingkungan dan Tata Ruang (SemNas ISLT)

Lokakarya Nasional Geografi dan Pendidikan Kebencanaan di Universitas Gadjah Mada

9Pendidikan Geografi FKIP UMP menunjukkan eksistensi keterlibatannya di skala nasional, salah satunya dengan menghadiri serta berperan aktif di Lokakarya Nasional Geografi dan Pendidikan Kebencanaan yang diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Kamis 10 Januari 2019. Read more: Lokakarya Nasional Geografi dan Pendidikan Kebencanaan di Universitas Gadjah Mada

Geografi Membumi 2019

gm

Ilmu Sosial merupakan salah satu ilmu yang sangat luas kajiannya, mencakup banyak aspek seputar kemasyarakatan, ekonomi, lingkungan, budaya, dan sejarah. Sebagai salah satu cabang ilmu yang sangat kompleks bidang kajiannya, ilmu sosial menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan bangsa dan negara. dari urgensi itulah tak ayal jika beberapa bidang ilmu sosial ikut dilombakan dalam Olimpiade Sains Nasional baik di tingkat SMP maupun SMA. 

Read more: Geografi Membumi 2019

Kuliah Tamu Internasional dengan Faculty of Social Sciences and Humanities Universiti Teknologi Malaysia

8Kamis, 13 Desember 2018, FKIP UMP menunjukkan eksistensinya untuk berkolaborasi secara internasional, seperti yang dilakukan pada hari ini, mendatangkan narasumber dalam Kuliah Tamu Internasional yaitu Dekan Faculty of Social Sciences and Humanities Universiti Teknologi Malaysia yaitu Prof. Dr. Muhammad Sukri Saud dan Mohd Ali Ibrahim selaku pengurus hubungan PPL internasional, dengan Tema kegiatannya yaitu “Skills in Revolusi 4.0”. Read more: Kuliah Tamu Internasional dengan Faculty of Social Sciences and Humanities Universiti Teknologi...

Pengunjung

084809
Today
This Week
This Month
All days
35
153
2554
84809

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Geografi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239