Seminar Nasional Pendidikan Geografi UMP “Potensi Geografi untuk Penguatan Integrasi Bangsa”

1

Sabtu, 11 Agustus 2018, Integrasi bangsa merupakan hal yang paling dibutuhkan bangsa Indonesia saat ini, sebagai negara dengan kondisi geografis yang beraneka dapat berkontribusi membentuk pandangan sosial, ekonomi dan politik yang berbeda pula, perbedaan kondisi geografis juga menggiring ketidakmerataan pembangunan bahkan pada tingkat pengelolaan daerah, ini dapat disebabkan oleh kekayaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang berbeda-beda disetiap pulau.

Melalui Seminar Nasional ini, Pendidikan Geografi FKIP UMP mendatangkan 2 narasumber terkemuka yaitu Prof. Dr. Ing. Fahmi Amhar (Peneliti di Badan Informasi Geospasial) dan Prof. Dr. M. Baiquni, M.A. (Ketua Umum Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Ilmu Geografi dan Pendidikan Geografi Se-Indonesia) untuk memberikan sharing ilmu dan pegalaman serta menggali potensi geografi dalam mempertahankan integrasi bangsa.

2Selain itu pada seminar ini juga dihadiri 29 Pemakalah pada sesi pararel yang berasal dari luar UMP yaitu dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas PGRI Pontianak, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Nusa Cendana Kupang, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, 11 pemakalah lainnya berasal dari internal UMP, dan 119 orang sebagai peserta.

Menurut Ketua Program Studi Ibu Sakinah Fathrunnadi Shalihati, S.Pd., M.Sc. dengan telah dibukanya Globalisasi dan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN sejak akhir tahun 2015, bangsa perlu lebih cepat melakukan pembangunan fisik maupun manusianya, agar dapat berkontribusi sebagai pelaku di tingkat ASEAN maupun dunia, salah satunya melalui peran Ilmu Geografi yang memiliki pendekatan wilayah untuk andil dalam mengidentifikasi kemampuan dan keunggulan suatu wilayah, sehingga kemudian optimalisasi pengelolaan serta pengembangannya menjadi lebih baik dan mampu diterima sebagai pilihan utama bagi masyarakat global.

Pengunjung

069032
Today
This Week
This Month
All days
11
59
1185
69032

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Geografi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239