KOLABORASI RISET ADOPSI MOTOR LISTRIK DALAM PRESPEKTIF GEOGRAFI DAN TEKNIK

foto Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sekali lagi menunjukkan keterlibatannya dalam kerjasama riset internasional, yang bertemakan mengenai Adopsi Motor Listrik di wilayah ASEAN. Kerjasama ini penting dilakukan guna menyiapkan peralihan teknologi ramah lingkungan bagi penyelamatan dunia dari degradasi, terutama pada penggunaan teknologi motor listrik dengan memahami kesiapan adopsi melalui kondisi geografis, sosial demografi maupun ekonomi, psikologi, perilaku perjalanan maupun kesehatan di wilayah-wilayah ASEAN. Penelitian ini merupakan penelitian yang cukup panjang dan merupakan hasil kesepakatan kerjasama riset internasional yang dilaksanakan mulai tahun 2019 hingga 6 tahun ke depan.

 

Penelitian ini bekerjasama dengan Institute of Transport and Mobility, Centre of Automotive Research and Electric Mobility Faculty of Engineering, Department of Civil and Environmental Engineering Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) Malaysia yang dipimpin oleh Dimas Bayu Endrayana Dharmowijoyo, Ph.D (UTP), bersama peneliti lainnya yaitu Nursitihazlin Ahmad Termida, Ph.D (Universitas Tun Hussein Onn Malaysia) dan AP Dr. Abdul Nasir Matori (UTP) . Sedangkan dari pihak Program Studi Pendidikan Geografi UMP, tim peneliti dipimpin oleh Dr. Sigid Sriwanto, M.Si., Dr.Suwarno, M.Si. dan Sakinah Fathrunnadi Shalihati, M.Sc. yang juga sedang menempuh Program Doktoral Geografi di Universitas Gadjah Mada. Selain itu, dalam pelaksanaan penelitian juga melibatkan institusi dalam negeri lainnya yaitu Fakultas Teknik Sipil, Universitas Janabadra Yogyakarta.

Pada tahun 2019 sebelumnya, tim peneliti telah mencapai target pengambilan data di beberapa wilayah Indonesia, seperti Bandung dan Yogyakarta maupun di wilayah Malaysia, seperti Kuala Lumpur. Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian dilanjutkan pengelolaan data awal di Tahun 2020 sehingga menghasilkan beberapa publikasi di Jurnal internasional maupun nasional terindeks SINTA 2. Salah satu judul artikel hasil penelitian telah dipublish pada jurnal The Asian Journal of Technology Management Vol. 13 No. 1 (2020): 35-46 dengan judul The Integration of Time-Space Prism and Psychological Mechanism on The Use of Public Transport.

Penelitian ini InshaAllah terus berlanjut dan akan menghasilkan beberapa capaian publikasi yang bermanfaat bagi perencanaan pengembangan adopsi motor listrik di Indonesia secara khususnya, maupun ASEAN secara umum.

sertifikat

Pengunjung

202694
Today
This Week
This Month
All days
185
361
5804
202694

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Geografi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239